Rabu, 20 Maret 2019

KENYATAAN

Percayalah, sebaik-baiknya berteman adalah berteman dengan diri sendiri. Sebaik-baiknya memahami adalah memahami diri sendiri. Karena, sesuka apapun dan sesayang apapun seseorang kepada dirimu, belum tentu mereka bisa mencintai dan menerima masalah yang kamu miliki.
Beberapa orang senang menyepi. Menyendiri pada hiruk pikuk yang senang dinikmati oleh sebahagian orang. Bukan berarti dia tidak memiliki teman. Hanya saja mereka telah menyadari bahwa, diantara banyak nyawa yang hadir dalam kehidupannya hanya sedikit dari mereka yang benar-benar mampu menerima kekurangan yang dia miliki. Selebihnya hanya bisa menilai dan menjatuhkan fonis terhadap kekurangan tersebut.
Tidak selalu hidup dalam keterasingan itu menyedihkan. Karna pulau yang sulit untuk terjamah oleh manusia biasanya menyimpan keindahan yang begitu banyak. Tidak selalu hidup dalam kesendirian itu memilukan. Karena pulau yang dihuni oleh teramat banyak manusia hanya akan menambah kerusakan pada pulau tersebut.
Manusia memang mahluk sosial yang tidak bisa melepaskan diri dari manusia lain. Tapi manusia juga tidak akan mati jika tidak melakukan interakasi sosial dengan manusia lain. Manusia memang harus melakuakan simbiosis mutualisme untuk berkembang. Tapi realita yang sering dijumpai, sebahagian dari banyak manusia lebih senang menjadi parasitisme dan mebuat mati hari-hari orang lain.
Maka dari itu, hidup memang tidak bisa sendiri. Tapi terkadang kesendirian adalah pilihan yang tepat dalam menjalani hidup kearah yang lebih baik.

#by_adham tuanaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar